Minggu, 03 Januari 2010

Menjadi Diri Sendiri

Setiap penggemar arloji antik pasti punya "pengalaman spiritual" yang berbeda, sehingga "rasa" mengoleksi akan berbeda pula pada setiap individu. Namun ada satu hal yang sepertinya terjadi pada setiap orang, yaitu perubahan orientasi yang terus menerus dan perasaan cinta sekaligus benci pada hobi ini. Soal orientasi, saya sendiri memutuskan untuk tidak terlalu berteori tentang hal ini dan tidak terlalu mempunyai batasan-batasan yang harus saya ikuti. Bisa saja hari ini saya suka yang begini dan besok berubah menjadi yang begitu, buat saya bukanlah hal yang tabu dan bukan pula sesuatu yang menunjukkan perkembangan yang linier. Tinggal diikuti saja. Kadang kala perubahan orientasi itu justru terjadi karena kita melihat koleksi orang lain kemudian kita merasa ingin seperti dia, atau perubahan orientasi itu bisa pula karena mengikuti trend saja. Padahal, menurut saya, justru tahapan yang paling sulit adalah ketika kita bisa menemukan jati diri kita yang tentunya berbeda --meski ada persamaan-- dengan orang lain. Ini adalah sebuah proses dan barangkali tak akan pernah selesai sampai kapanpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar