Senin, 31 Agustus 2009

Arloji militer (2)

Ini merupakan artikel tentang arloji militer bagian kedua. Bagian pertama mungkin terselip di belakang, jadi silakan buka label (shortcut) dan cari di bagian artikel. Kembali ke arloji KNIL. Karena cara penulisan KNIL berbeda beda, hanya mereka yang berpengalam saja yang bisa mengenali mana arloji KNIL yang asli dan yang palsu. Yang dimaksud palsu adalah sebenarnya itu arloji biasa tetapi ditambahi grafiran (baru) ditulis KNIL seolah-olah itu arloji yang dipakai KNIL padahal bukan, itu cuma digrafir baru! Selain keempat merk tersebut yang dibeli KNIL dari British Army, ternyata di musium KNIL di Arnheim juga ditemukan merk lain yaitu Tissot dan Universal, tetapi di kedua merk tersebut tidak ada tulisan WWW, tidak ada lambang anak panah dan tidak ada ordinance number yang dikeluarkan oleh Inggris. Selain Tissot dan Universal mungkin saja ada merk lain. Tetapi ada kemungkinan bahwa di luar merk JLC, IWC, Longines dan Omega, kemungkinan itu adalah arloji pribadi si prajurit (private property) yang sama dia digrafir sendiri "KNIL" untuk menunjukkan keanggotaan dia dalam KNIL. Tidak ada dokumen yang menyebutkan KNIL pernah membeli merk-merk di luar keempat merk itu, meski demikian segala kemungkinan merk lain masih tetap ada (suasana perang menyebabkan dokumen-dokumen hancur). Saya pernah dapat Tissot KNIL tapi mesin rusak dan tidak bisa diperbaiki, akhirnya saya jual ke pedagang luar dalam kondisi rusak. Eh tidak berapa lama saya dapat spare partnya...Waktu itu saya jual karena saya pikir KNIL palsu. Ternyata kalau saya ingat-ingat sekarang, setelah pengetahuan saya bertambah, itu ternyata KNIL asli. Apes. Itulah perlunya pengetahuan dan pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar