Minggu, 03 Maret 2013

Arloji yang dipakai selama PD II

Saya menonton film di channel "History" tentang penyerbuan tentara Jepang ke Asia Tenggara pada masa Perang Dunia II. Di salah satu episode, ditampilkan film dokumenter tentang peristiwa tersebut, dan secara sekilas ditampilkan pula arloji yang dipakai prajurit. Saya mengenali salah satunya adalah Longines seperti yang saya miliki ini, tetapi karena filmnya hitam putih maka tidak jelas apakah casing arloji itu putih atau kuning. Selain Longines yang sama persis dengan foto yang saya tampilkan ini, dalam film dokumenter itu sempat muncul arloji yang saya yakin merknya Enicar (saya mengenali lambangnya sekilas) tetapi sayang saya tidak memiliki Enicar yang persis seperti dalam film tersebut. Pernah pula saya mengunjungi pulau Biak (di Papua) untuk melihat gua peninggalan tentara Jepang pada saat mereka digempur pasukan Sekutu. Dari seonggok benda-benda peninggalan yang masih ada di sekitar lokasi (dipamerkan di dalam kotak kaca) di antaranya ada cincin, kacamata, pulpen, dan arloji Mido mesin bumper ukuran boysize gedean dikit. Buat saya, sungguh menyenangkan menemui hal-hal semacam itu, apalagi jika ternyata saya memiliki arloji serupa yang ada dalam koleksi saya. Andai saja arloji itu bisa bercerita, berapa banyak peristiwa yang sudah dia alami bersama si pemilik arloji itu, dan betapa si arloji kini duduk tenang di koper koleksi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar