Senin, 07 Juni 2010

Arloji anda perlu diservis teratur

Saya pernah terlambat menghadiri acara penting karena arloji yg saya pakai hari itu ngaco, terlambat satu jam. Saya terlalu PD. Saya kira aroji yg saya pakai itu akurat. Ternyata arloji antik tidak bisa diandalkan. Supaya tetap berjalan normal, arloji antik harus diservis secara teratur. Udara yg terlalu kering membuat mesin cepat kering, karena itu perlu pelumasan (lubrikasi). Udara terlalu lembab menyebabkan mesin dan casing juga dial jadi jamuran. Sebaiknya diservis setiap dua tahun, atau setiap kali ada masalah. Arloji yg terlalu lama didiamkan (tidak dipakai) juga sering macet/seret. Karena itu putarlah arloji antik anda minimal sebulan dua kali. Ingatlah selalu bahwa arloji antik menggunakan sistem mekanik sehingga gesekan (friksi) adalah hal yang amat penting. Jangan dikira memiliki koleksi arloji sampai ratusan itu menyenangkan selalu. Ada kalanya pusing juga terutama kalau pada ngadat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar