Senin, 22 Maret 2010

Melihat-lihat arloji sisa PD II di Biak

Baru-baru ini saya mengunjungi gua persembunyian tentara Jepang selama PD II di Biak (Propinsi Papua). Saya menjumpai sisa-sia arloji yang dipakai oleh tentara Jepang maupun tentara Sekutu. Sisa-sisa tsb, bersama dengan benda-benda lainnya, dipajang di sebuah kotak kaca di salah satu sudut bangunan yang dijadikan sebagai museum. Sayang sekali sisa arloji itu sudah sulit dikenali merk dan tipenya. Hanya tersisa rangka casing dan beberapa tutup serta dial (plat) yang telah hancur. Saya hanya bisa mengenali salah satu tutup belakang seperti Rolex semi bubble back. Ada pula beberapa yang di tutup belakangnya ada tulisan ARD DEPT U.S.A Beberapa bisa saya kenali ada enamel dial dan wirelugs. Jelas sekali dari modelnya arloji-arloji itu diproduksi pada akhir tahun 1930an dan awal tahun 1940an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar